Yth. Ketua PGRI Cabang : Untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan, bahwa info Organisasi secara nasional lewat SMS hanya berasal dari Pengurus Besar PGRI yang diteruskan oleh PGRI Jatim kemudian diteruskan oleh PGRI Jember, karena belakangan ini ada Info sesat yang disebarkan oleh kelompok/orang yang mengatasnamakan Pengurus Besar PGRI, selanjutnya info dari PGRI Kabupaten tersebut harap diteruskan secara berjenjang ke Ranting. Terima Kasih...

Friday, June 25, 2010

KERANGKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN PGRI KABUPATEN JEMBER DISAMPAIKAN PADA KOMISI D DPRD KABUPATEN JEMBER

Pengurus PGRI Kabupaten Jember mengadakan acara Silaturrahim dengan Komisi D DPRD Kabupaten Jember di Lambaw, Patrang, Jember pada tanggal 23 Juni 2010. Pada kesempatan tersebut, ketua PGRI Kabupaten Jember Drs. I Wayan Wesa Atmadja, M.Si menyampaikan kerangka pemikiran pendidikan PGRI Kabupaten Jember antara lain sebagai berikut:
  1. Mulai tahun 2010/2011 Kalender Pendidikan agar direncanakan libur akhir tahun pelajaran 1 (satu) bulan bagi siswa untuk refreshing bagi siswa dan persiapan tahun pelajaran berikutnya bagi sekolah. 
  2. Mendorong terwujudnya Jember Religius melalui pendidikan :  
    • Pemberantasan buta baca tulis Al-Qur’an
    • Pemakaian baju yang mencermimkan ajaran agama
    • Pemutaran lagu-lagu relegius di lingkungan pendidikan
  3. Anggaran pendidikan lebih berorientasi pada development & improvement, teacher competence and qualification, agar peningkatan mutu pendidikan di kabupaten jember lebih progresif. 
  4. Guru sukwan/wiyata bakti dan guru swasta perlu mendapatkan kepastian masa depan (hak profesional) dg rincian: 
    • Guru sukwan di sekolah negeri agar direkrut secara profesional dengan SK Dinas Pendidikan sebagai syarat mutlak untuk mengikuti seleksi sertfikasi guru.
    • Guru yang belum sertifikasi mendapat insentif guru minimal sama dengan tunjangan guru PNS non sertifikasi dari pemerintah pusat.  
    • Guru sukwan dan guru swasta yg belum sertifikasi perlu mendapat penghasilan minimal setara dengan UMR Pendidikan Kabupaten Jember
  5. Perlu adanya bedah potensi pendidikan/dialog pendidikan bagi 4 komponen pendidikan dalam rangka koordinasi dan sinkronisasi pemahaman, pemberian input dan support terhadap kebijakan dan pelaksanaan pendidikan.
  6. Pembinaan terhadap KKG, MGMP, MKKS/KKS, MKPS dan Forum Ilmiah Pendidik (FIP) diluar piloting project bermutu (dana sharing). 
  7. Perlunya adanya konsultan akademik bagi DPRD yang memberikan analisis dan kajian terhadap pendidikan. 
  8. Promosi, mutasi jabatan di lingkungan Dispendik agar segera dilaksanakan secara transparan dan profesional. 
  9. Perlu adanya studi edukasi bersama bagi 4 komponen pendidikan ke daerah atau negara lain yang lebih maju bidang pendidikannya. 
  10. Agar Dispendik mewajibkan bagi sekolah untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan pembinaan akhlak mulia dan rasa kebangsaan dengan lagu-lagu kebangsaan. 
  11. Pemetaan dan pemerataan distribusi guru berdasarkan jam wajib mengajar dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pemenuhan hak profesional guru 
  12. Mewujudkan jember sebagai education center and education touris resort (harus ada sekolah percontohan terbaik pada masing-masing jenjang pendidikan) 
  13. Komisi D DPRD perlu pendamping ahli dibidang pendidikan.
  14. Pasal–pasal tertentu pada Perda No. 7 tahun 2007 perlu dijabarkan kedalam Peraturan Bupati agar lebih operasional. 
  15. Pengelolaan pendidikan agar berorientasi akademis, kualitas, dan steril politik. 
  16. Mohon bantuan untuk pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan organisasi PGRI. 
  17. Memperjuangkan guru bebas dari pengutan liar dalam rangka memperoleh pelayanan profesional. 
  18. Menjadikan Jember sebagai kota vokasi melalui pembangunan pendidikan SMK di setiap Kecamatan. 
  19. Pengangkatan guru CPNS secara proporsional dan profesional yang bebas dari KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) dari berbagi jenjang dan level pendidikan. 
  20. Pemberian pakian seragam dinas bagi guru dan tenaga kependidikan.Komisi D DPRD Kabupaten Jember menanggapi positif kerangka pemikiran pendidikan dari PGRI tersebut dan akan menindaklanjutinya. Komunikasi antara PGRI dan Komisi D DPRD Kabupaten Jember diharapkan terus terjalin. (sda)

2 comments: